Senin, 13 Agustus 2018

AC mobil menjadi hal penting dalam berkendara

Indonesia merupakan negara tropis yang iklimnya selalu panas apalagi pada siang hari. Bagi pengendara mobil pribadi tentunya cukup nyaman jika sistem ac mobil yang dikendarainya masih berfungsi dengan baik. Seperti diketahui bahwa AC mobil juga memerlukan perawatan yang benar dan secara teratur. Karena ada beberapa komponen dalam sistem AC kendaraan yang cukup sering bermasalah, dan salah satunya adalah magnetic clutch. Belajar juga cara belajar mobil kopling

perawatan ac mobil


Dengan demikian sebagai pengguna yang setiap harinya selalu pergi bermobil ria tentu akan nyaman jika ruang dalam mobil selalu dingin, terlebih saat jalanan macet. Dengan demikian perawatan dalam sistem AC tentunya cukup penting untuk menunjang kinerja sistem pendingin dalam mobil anda baik mobil baru maupun mobil bekas. Perlu diketahui bahwa sistem AC juga berhubungan erat dengan putaran mesin mobil, sehingga pada umumnya sistem AC juga memperberat putaran mesin mobil anda, akibatnya saat anda menggunakan AC maka pemakaian bahan bakar juga ikut bertambah.

Sistem pendingin atau sering disebut sebagai "Air Conditioner" dalam hal ini AC mobil terdiri dari beberapa komponen penting yang harus selalu dijaga kinerjanya. Dalam sistem ac kendaraan, beberapa komponen yang cukup penting seperti : Kondensor, Expansion Valve, dan Evaporator yang merupakan peralatan penting dalam sistem ac mobil.

Berikut beberapa fungsi dalam sistem AC mobil
  • Kondensor : Berfungsi merubah uap refrigerant menjadi cair ( proses pendinginan / kondensasi ) menuju receiver untuk proses penyaringan freon cair yang kemudian diteruskan ke expansion valve.
  • Expansion Valve : Mempunyai tugas utama untuk mengabutkan freon cair tekanan tinggi. Freon cair yang telah menjadi kabut ini kemudian dialirkan ke evaporator.
  • Evaporator : Berfungsi untuk mendinginkan hembusan udara yang melewati kisi kisi Evaporator.
Meskipun anda tidak mempunyai pengalaman dalam sistem ac dalam mobil anda, namun ada baiknya jika belajar cara merawat AC mobil supaya tetap awet dan tidak mengalami kerusakan yang cukup berat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar