Senin, 04 Februari 2019

Yuk kita tunggu generasi terbaru mobil Isuzu Panther

Yuk kita tunggu generasi terbaru mobil Isuzu Panther. Meski dikenal dengan produk mobil komersial, Isuzu juga memiliki kendaraan penumpang. Pencinta otomotif di Indonesia tentu sudah tidak asing dengan nama Isuzu Panther yang sudah mengaspal dengan generasi pertama pada awal '90-an. Isuzu Panther mendapat sambutan bagus di pasar Indonesia hingga terus regenerasi sampai 4 kali. Namun, melihat tren pasar dan regulasi, kemungkinan besar model ini tidak akan diperbarui lagi oleh Isuzu di Indonesia.

generasi terbaru mobil Isuzu Panther


"Pasarnya tinggal di Indonesia saja, untuk penjualan jika terbentur Euro 4 maka titik berhentinya di situ. Apakah suatu hari nanti kita punya engine yang ekonomis untuk volume MPV menggunakan mesin yang lain ya kita lihat saja," ujar ujar GM Marketing Division PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Attias Asril saat meluncurkan New Isuzu GIGA Tractor Head pada Rabu (24/1/2019) di kawasan Senayan, Jakarta Selatan.

Asril menambahkan, Isuzu Panther bisa dihadirkan kembali dengan syarat ada pasar lain selain di Indonesia yang membutuhkannya. "MPV ini pasar terbesarnya di Indonesia. Isuzu basisnya adalah truk, engine-nya komerisal. Itu jadi kendala kalau kita investasi untuk Panther berarti khusus unyuk Indonesia. Secara volume lagi nanti, kalau di negara lain punya varian sejenis menggunakan engine yang sama bisa jadi investasi akan lebih ringan," katanya.


Selain itu tren MPV yang mulai bergeser ke SUV pun menjadi alasan lain bagi Isuzu untuk meneruskan nama Isuzu Panther di Indonesia. "Belakangan kalau dilihat tren MPV medium ini kan menurun terus dan beralih ke arah SUV," ucap Asril. Hingga saat ini model terakhir Isuzu Panther yang diproduksi sejak tahun 2005 masih aktif di pasar Indonesia. Namun penjualannya semakin menurun tergerus oleh berbagai model-model terbaru dari berbagai brand otomotif di Indonesia. Dari tahun 2017 ke tahun 2018 penjual Isuzu Panther merosot hingga 17,2 persen. Pada tahun 2017 Isuzu Panther terjual sebanyak 1,147 unit sedangkan pada tahun 2018 jatuh pada angka 950 unit. biaya belajar mobil

Isuzu Panther adalah satu model andalan Isuzu segmen mobil penumpang sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1991. Sayangnya, mobil diesel yang sudah memiliki 4 generasi ini, kini memiliki nasib yang belum jelas apakah akan ada penerusnya atau tidak. Karena sejak model terakhir yang diproduksi pada tahun 2005, Panther sudah tidak lagi mengalami perubahan dan masih dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Berdasarkan data PT Isuzu Astra Motor Indonesia, penjualan ritel Isuzu Panther pada tahun 2018 silam meraih angka 950 unit yang mana turun 17,2 persen dari tahun 2017 dengan total penjualan 1,147 unit.

"Kita menyadari Panther berada di pasar yang kompetitif dan makin ketat, jadi secara alami terjadi penurunan. Karena kita tidak mengeluarkn produk baru," ujar Direktur Marketing LCV PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Joen Budi Putra pada saat peluncuran New Isuzu GIGA, Kamis (24/1/2019) di kawasan Senayan, Jakarta Selatan.


GM Marketing Division PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Attias Asril yang hadir pada kesempatan yang sama mengungkapkan Isuzu Panther sudah memiliki konsep terbaru namun tidak terealisasi di Indonesia dikarenakan berbagai pertimbangan bisnis. "Sebenarnya waktu itu kita sudah punya blueprint untuk New Panther dan pernah ada info kemungkinan akan keluar. Namun dengan itung-itungan bisnis itu akan sangat besar," ungkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar