Senin, 13 Agustus 2018

Honda jazz bersaing ketat dengan toyota yaris

Pasaran mobil hachback semakin ramai. Dua hatchback unggulan seperti honda jazz dan toyota yaris bersaing ketat dalam merebut pasar domestik. Secara nyata kedua kendaraan mini hatchback ini memiliki keunggulan masing masing, sehingga konsumen bebas menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan.

Toyota Yaris atau sering disebut sebagai Toyota Vitz merupakan mobil jenis hatchback yang diproduksi oleh Toyota Motor Corporation. Mobil Toyota Yaris diperkenalkan pertama kali pada tahun 1999 di daratan Eropa dengan mengutamakan desain, performa mesin, dan keselamatan serta konsumsi bahan bakar yang optimal, sehingga mampu bersaing di pasar Eropa.

toyota yaris


Mobil minihatchback dari toyota ini mendapatkan penghargaan European Car of The Year Award dan juga diakui sebagai standar model kendaraan Compact two box di Jepang dan Amerika Utara. Sedangkan untuk pasar Asia toyota yaris di rakit di Thailand.

Honda Jazz merupakan mobil hatchback 5 pintu yang di produksi oleh Honda Motor Company. Mobil honda jazz mulai diperkenalkan pada sekitar tahun 2001. Di pasaran honda jazz juga di namai sebagai honda Fit, paling tidak di jepang dan amerika.

Honda jazz


Mesin Honda Jazz yakni i-VTEC dengan kapasitas silinder 1.497 cc menggunakan 4 silinder. Mobil hatchback buatan honda ini mampu menghasilkan daya maksimal sebesar 120 dk pada putaran mesin 6.600 rpm dan torsi maksimal sebesar 145 Nm pada putaran 4.800 rpm.

Sedangkan Toyota Yaris menggunakan mesin 1 NZ-FE 4 silinder dengan kapasitas 1.497 cc dengan sistem DOHC dan VVTi. Dengan generasi mesin terbaru ini mobil toyota yaris mampu menghasilkan daya maksimum mencapai 120 dk pada putaran 6.600 rpm serta torsi maksimal 141 Nm pada putaran mesin 4.800 rpm.

Nah kalau dari sisi kekuatan mesin kedua mobil jenis hatchback ini dapat dibilang seimbang, sehingga perlu melihat dimensi lainnya, seperti ruang kabin dan penampilan. Mobil toyota yaris terkenal dengan ruang kabin yang luas dan mewah, sedangkan dari segi tampilan, maka honda jazz menang di atas angin. Dengan demikian tentunya tergantung anda lebih memilih honda jazz atau lebih suka dengan toyota yaris yang lebih bongsor.

Di pasaran mobkas honda jazz bekas lumayan laris manis, bahkan lebih laris dari pada toyota yaris bekas. Sebenarnya kedua mobil tersebut memiliki konsumen sedikit berbeda. Honda jazz lebih diminati oleh kaum muda, sedangkan toyota yaris banyak di cari oleh keluarga kecil.

harga honda jazz bekas berkisar antara 120 jutaan, honda jazz seken banyak di jual oleh para pedagang mobkas di berbagai tempat, sedang harga yaris bekas mulai harga 110 jutaan rupiah. Namun sebelum anda berburu mobil bekas, ada baiknya untuk mempelajari cara membeli mobil bekas yang aman dan nyaman. Padahal kalau dilihat harga honda jazz baru mulai pada 200 jutaan, sedangkan harga mobil yaris baru mulai pada kisaran 220 jutaan.

Namun demikian di kelas kendaraan jenis MPV persaingan juga cukup ketat, dan saat ini yang lagi naik daun yakni mobil honda mobilio yang memiliki desain lebih ramping. Padahal sebelumnya selalu di kuasai oleh mobil daihatsu xenia dan saudara kembarnya yakni mobil toyota avanza, namun belakangan justru muncul saingan baru yakni mobil suzuki ertiga yang juga berada di kelas MPV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar