Sabtu, 22 Juni 2019

Kenali tanda tanda mobil perlu spooring dan balancing

Istilah spooring dan balancing pasti sering Nissan Lovers dengar. Spooring dan balancing adalah dua dari sekian banyak macam servis untuk mobil. Keduanya diperlukan untuk menjaga performa mobil agar tetap bagus, terutama untuk mobil keluaran lama dan sudah sering dipakai. Maka perawatan spooring dan balancing sangat dianjurkan. Lalu, apa sebenarnya maksud dari spooring dan balancing ini?

spooring dan balancing


Apa itu spooring ban

Penggunaan mobil dalam waktu yang lama akan mengubah kedudukan empat roda. Walaupun Anda tidak dapat melihatnya secara langsung, tapi Anda dapat merasakannya lewat performa mobil. Nah, spooring bertujuan untuk meluruskan kembali posisi empat roda ini seperti pengaturan awal pabrik. Biasanya dua roda depan yang akan diluruskan kembali. Oleh sebab itu, jika Anda mengganti bagian mobil yang berkaitan dengan setir ini, spooring perlu dilakukan.Nah, selain hal di atas, kapan Anda harus melakukan spooring? Berikut kondisi mobil yang mengharuskan Anda untuk segera melakukan spooring.

⇛Jika Anda merasa permukaan ban tidak rata, misalnya ada benjolan ini artinya sistem suspensi pada mobil Anda sedang mengalami masalah. Ini bisa saja terjadi pada salah satu sisi ban maupun semuanya.
⇛Mungkin Anda melihat keempat ban Anda tidak sejajar dalam posisi diam. Misalnya ketika diparkir, Anda merasa roda miring atau roda depan tidak lurus dengan yang belakang. Ini menandakan posisi salah satu ban tergeser dari tempat semula.
⇛Anda merasa tidak nyaman ketika menyetir. Entah mobil terasa lebih susah dikendalikan atau Anda merasa mobil berbelok dengan gerakan yang tidak wajar. Bahkan ketika berkendara di permukaan aspal yang halus, Anda merasakan getaran yang mengganggu, itu tandanya Anda perlu membawa mobil Anda ke tempat servis untuk melakukan spooring ban

Harga Toyota All New Corolla baru penjualan terbaru

Apa itu balancing ban

Sesuai namanya, proses ini lebih ke menyeimbangkan ban mobil. Balancing bertujuan untuk menyeimbangkan putaran keempat roda mobil. Setelah mengganti ban atau velg, mobil perlu di-balancing agar putaran bannya tetap seimbang. Juga sama seperti motor yang memerlukan perawatan khusus setelah mencapai batas kilometer tertentu, mobil juga demikian. Jika sudah mencapai batas kilometernya maka perlu dilakukan yang namanya balancing ini. tentunya setiap mobil memiliki batas kilometer yang berbeda-beda sesuai dengan karakteristik mobil itu sendiri.
Harga semir ban mobil water base
Tidak seperti tune up, spooring dan balancing tidak harus dilakukan secara berkala, tapi ketika hanya dianggap perlu dilakukan. Ketika mobil Anda sudah menunjukkan tanda-tanda yang mengindikasikan ketidaknyamanan pada ban saat berkendara, maka segera bawalah ke bengkel untuk melakukan spooring maupun balancing. Semakin sering mobil Anda melaju di jalanan yang rusak atau memiliki permukaan yang kurang baik, maka kaki mobil bisa menjadi tidak seimbang. Di sinilah perlunya dilakukan spooring dan balancing. Untuk itu, sebisa mungkin hindari kondisi jalanan berlubang.

Bagi Anda yang memerlukan mobil yang tahan banting, Nissan Navara adalah salah satu produk keluaran Nissan yang paling kuat untuk penggunaan sehari-hari. Dilengkapi dengan mesin yang sudah teruji untuk membantu pergerakan mobil agar lebih efisien, walaupun di area berbatu sekalipun. Karena Nissan Navara memang dibuat untuk mengarungi medan off-road sekalipun.

Spooring dan balancing merupakan salah satu bagian dari servis rutin yang harus dilakukan pada mobil. Tujuannya agar laju mobil tetap lurus. Jika laju mobil dirasa mulai berubah, mungkin saja itu menjadi tanda-tanda bahwa mobil perlu spooring dan balancing. Jika mobil Anda memiliki mobilitas tinggi dan sering melewati jalanan yang tidak rata, misalnya seperti mobil jenis SUV Nissan Terrano, mungkin gejala yang Anda rasakan yaitu setir mobil agak berat ke kiri atau ke kanan. Mungkin juga setir mobil terasa bergetar pada kecepatan tertentu, itu merupakan salah satu tanda bahwa mobil Anda perlu di spooring dan balancing.

Spooring adalah alignment atau proses pada mobil untuk meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal, sesuai dengan settingan pabrik. Biasanya dua roda depanlah yang akan diluruskan dan diatur agar kembali seperti sedia kala. Sedangkan balancing adalah penyesuaian atau upaya menjaga keseimbang pada titik atas bawah atau kiri kanan roda dengan cara menambahkan timah pada bagian yang kurang. Biasanya ini dilakukan setelah penggantian ban atau velg, dan jika kilometernya sudah mencapai batas untuk balancing. Tanda-tanda mobil perlu melakukan spooring dan balancing yaitu sebagai berikut.

⇛Setir bergetar pada kecepatan tertentu, karena roda depan langsung berkaitan dengan mekanisme kemudi.
⇛Mobil seakan berbelok sendiri padahal sedang melaju lurus ke depan, atau selalu bergerak ke arah tertentu, maka berarti mobil Anda sudah menerima gejala tersebut.
⇛Saat pengendalian setir saat dibelokkan tidak mau kembali berputar pada posisi semula saat dilepaskan. Ini juga menjadi gejala tersebut.
⇛Gejala lainnya, jika mobil yang sedang dikendarai seperti berjalan miring, ini tandanya mobil sudah cukup parah dengan keseimbangan.
⇛Permukaan ban sudah tidak rata atau aus, bisa di salah satu atau keduanya.
⇛Saat dipakai parkir, walau itu parkir di tempat datar dan lurus tapi rodanya ada yang miring.
⇛Ban bagian belakang tidak sejajar lurus dengan bagian belakang. Cara mengetahuinya, dengan melihatnya dari belakang dengan mengambil jarak beberapa meter.
⇛Amati ban mobil belakang, apakah tergeser dan tidak presisi dari tempatnya semula.

Baca juga cara parkir netral mobil matic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar